Kamis, 22 Januari 2009

SEKILAS TENTANG JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISIP UNS

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

FISIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Alamat : Jl. Ir. Sutami 36-A Kentingan, Jebres Surakarta, 57126 Telpon/fax : (0271)632478

E-Mail : Fisip(a)uns.ac.id

Website : http:/www.fisip.uns.ac.id

Sejarah Pendirian

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi berdiri bersamaan dengan berdirinya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, disingkat UNS, pada tanggal 11 Maret 1976 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1976 tertanggal 8 Maret 1976.

Pada awal berdiri, Jurusan ini bernama Publisistik yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 39/DIKTI/Kep/1984, Jurusan ini berubah menjadi Ilmu Komunikasi dengan program studi Komunikasi Massa.

Pada tahun 1998, JIK memperoleh akreditasi A dan pada akreditasi selanjutnya, 2003, juga mendapatkan A sampai tahun 2009.

Visi

Menjadi pusat unggulan (center of excellent) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat (professional services) di bidang komunikasi yang secara manajerial, intelektual, serta moral memberi kontribusi pada pengembangan kehidupan bangsa sebagai bagian dari tata peradaban yang lebih luas

Misi

§ Menyelenggarakan proses pengajaran yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun global, baik secara akademis maupun moral, dan berperan dalam membangun serta memelihara integrasi bangsa.

  • Meningkatkan kualitas pendidikan yang mendukung pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi dan pengkayaan budaya
  • Meningkatkan pengabdian masyarakat, bangsa dan negara
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Mengembangkan sumber daya manusia baik tenaga akademik maupun non akademik yang profesional (handal, beretika dan sejahtera) dalam rangka peningkatan mutu pelayanan.
  • Menerapkan sistem manajemen profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas dalam rangka menciptakan tata kerja yang baik, kinerja tinggi, serta efisiensi dan efektivitas organisasi.
  • Menciptakan iklim kerja yang kondusif ditandai oleh berkembangnya semangat kerja sama, saling percaya (mutual-trust), dan terbentuknya nilai-nilai bersama (shared value).

Tujuan

§ Menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun secara moral sehingga dapat menjadi modal bagi pembangunan bangsa dan negara. Ini diukur berdasar indikator lulusan yang memiliki indeks presatsi kumulatif tinggi dengan masa studi yang tepat waktu, waktu tunggu mendapatkan kerja pendek, dan mampu berkarya di dalam dunia komunikasi.

§ Menghasilkan karya-karya penelitian yang berkualitas dan berguna bagi komunitas akademik, mahasiswa, pemerintah, industri dan masyarakat ditandai dengan publikasi pada jurna-jurnal ilmiah lokal, nasional maupun internsional terakreditasi.

§ Memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat melalui upaya-upaya positif yang menumbuhkan kesadaran dan kepercayaan diri masyarakat serta menjadikan masyarakat sebagai kekuatan dan modal bagi pembangunan bangsa dan negara.

Dosen tetap :

  1. Drs. H. Dwi Tiyanto, SU
  2. Prof. Drs. H. Totok Sarsito, SU, MA
  3. Dr. H. Pawito
  4. Dr. H. Andrik Purwasito, DEA
  5. Dr. Prahastiwi Utari, M.Si
  6. Dr. H. Widodo Muktiyo, SE. M.Comm.
  7. Dr. Sri Hastjarjo
  8. Drs. FX. Bambang Siswanto, MA
  9. Drs. Nuryanto, M.Si
  10. Drs. H. Sutopo JK, MS
  11. Dra. Hj. Sofiah, M.Si
  12. Drs. Subagyo, SU
  13. Drs. Mursito BM, SU
  14. Drs. H. Soedihardjo, SH
  15. Drs. Surisno Satriyo Utomo, M.Si
  16. Drs. Haryanto, M.Lib
  17. Dra. Sri Urip Haryati, M.Si
  18. Drs. Hamid Arifin, M.Si
  19. Drs. Alexius Ibnu Muridjal, M.Si
  20. Dra. Christina Tri Hendriyani, M.Si
  21. Drs. Ign. Agung Satyawan, SE, M.Si
  22. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si
  23. Drs. Aryanto Budhi Sulihyantoro, M.Si
  24. Drs. Kandyawan
  25. Drs. Widyantoro, M.Si
  26. Tanti Hermawati, S.Sos, M.Si
  27. Dra. Indah Budi Rahayu, SE, M.Hum
  28. Susanto Karthubij, S.Sos, MSi
  29. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos
  30. Mahfud Anshori, S.Sos
  31. Nora Nailul Amal, S.Sos, MA

Mata kuliah, berdasarkan Kurikulum th. 2008 :

  1. Pendidikan Agama (salah satu dari : Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha)
  2. Pengantar Ilmu Komunikasi
  3. General English
  4. Pengantar Psikologi
  5. Pengantar Sosiologi
  6. Pengantar Ilmu Politik
  7. Dasar Dasar Logika
  8. Komposisi
  9. Ilmu Kealaman Dasar
  10. English For Social Science
  11. Fotografi
  12. Komunikasi Massa
  13. Sistem Sosial Budaya Indonesia
  14. Sistim Politik Indonesia
  15. Sistem Hukum Indonesia
  16. MPS (Metode Penelitian Sosial)
  17. Pendidikan Kewarganegaraan
  18. Sosiologi Komunikasi
  19. Kewirausahaan
  20. Statistik Sosial
  21. Teknologi Komunikasi
  22. Teori Komunikasi
  23. Psikologi Komunikasi
  24. Hukum Media Massa
  25. Teori Sosial Politik
  26. Manajemen Media Massa
  27. Komunikasi Politik
  28. Azas-azas Manajemen
  29. Perencanaan Komunikasi
  30. Filsafat & Etika Komunikasi
  31. Komunikasi Antar Budaya
  32. MPK Kuantitatif
  33. Komunikasi Sosial dan Pembangunan

Mata kuliah Spesialisasi Jurnalistik 1

  1. Radio 1
  2. Video 1
  3. Public Relations 1
  4. Advertising 1
  5. MPK Kualitatif
  6. Jurnalistik 2
  7. Radio 2
  8. Video 2
  9. Public Relations 2
  10. Advertising 2
  11. Isu-Isu Komunikasi Kontemporer
  12. Jurnalistik 3
  13. Radio 3
  14. Video 3
  15. Public Relations 3
  16. Advertising 3
  17. Kapita Selekta
  18. Kuliah Kerja Komunikasi
  19. Skripsi / TA

Mata kuliah pilihan

  1. Komunikasi Organisasi
  2. Penulisan Artikel
  3. Media dan Gender
  4. Komunikasi Bisnis
  5. Sistim Komunikasi Indonesia

Untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang tertentu, mahasiswa bisa bergabung dalam unit kegiatan sebagai berikut :

a. Tingkat Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Himakom (Himpunan Mahasiswa Komunikasi)

2. Kelompok Diskusi komunikasi

3. Radio Fiesta (Radio komunitas)

b. Tingkat Fakultas

1. FFC (Fisip Fotografi Club)

2. Kine Club (Kelompok Apresiasi Film)

3. Mahafisippa (Kelompok mahasiswa pencinta alam)

4. Visi (Penerbitan pers mahasiswa FISIP)

5. Unit kerokhanian

6. Teater SOPO (kelompok apresiasi teater)

7. Komunitas Musik FISIP.

Fasilitas Akademik :

1. Perpustakaan

2. laboratorium

a. Laboratorium Audio Visual

b. Laboratorium Radio

c. Laboratorium Desain Grafis dan multi Media

d. Laboratorium Fotografi

e. Hot spot area

Strategi Pengembangan Jurusan jangka panjang :

1. Penataan Sistem Belajar mengajar, dengan pemberlakukan Sistem penjaminan Mutu Akademik.

2. Peningkatan Relevansi dan effisiensi

3. Perluasan akses pendidikan

4. Peningkatan peran serta masyarakat

5. Peningkatan kompetensi soft skill, bahasa Inggris, teknologi informasi, bagi mahasiswa dan dosen.

6. Pengembangan suasana akademik, melalui pembudayaan kegiatan diskusi (seminar), penerbitan buku, penelitian, pengabdian masyarakat, kuliah umum dengan menghadirkan dosen tamu, dan sebagainya.

Substansi materi mata kuliah spesialisasi :

1. Jurnalistik

Isi : Pemahaman konsep jurnalistik, obyektifitas, framing, format jurnalistik, unsur dan nilai berita, menghimpun fakta, teknik penulisan berita langsung, karangan khas, jenis karangan khas, anatomi karangan khas, teknik penulisan karangan khas : profil, news feature, catatan perjalanan, iptek, berita mendalam, pembagian kerja produksi media, SOP majalah berita.

2. Video

Isi : Fotografi, Pengenalan instrumen kamera, aplikasi kamera ; komposisi, framing, fokus, teknik dasar reportase, Alphabetis, Kerabat kerja, SOP : pra, produksi dan pasca produksi, musical show, Talk show, Bulletin, feature, magazine, berita, varite ENG dan SNG, Live broadcast, lighting, sound, mendapatkan gambar dan cerita, berita linear, struktur visual, menyiapkan berita, presenter dan pembacaan berita, reporter, sumber berita, pemahaman Undang Undang, Pedoman perilaku penyiaran, Kode etik, Organisasi produksi, konsep kretaif iklan televisi, SOP program iklan, karya dokumenter,

3. Radio

Isi : Standart Operation Prosedure siaran, Manajemen siaran, Simulasi operasional radio, Segmentasi, Penulisan naskah siaran, Program hiburan dan informasi, Olah vokal, editing, profesionalisme siaran, bahasa dan musik iklan radio, iklan adlib dan layanan masyarakat, iklan komersial, basic cool edit pro, Kompetensi broadcaster, Bulletin news. Talkshow, UU Penyiaran, Struktur dan manajemen perusahaan penyiaran, pengaturan program siaran, Kode etik, Pemantauan dan evaluasi program siaran.

4. Humas/Iklan

Isi : Pemahaman konsep Public relations, Corporate PR, Marketing PR, Citra dan reputasi, Etika PR, Press Relations, Tools of PR, Employee Relations, investor Relations, Kapita Selekta PR, Perencanaan PR, Publisitas, pameran, spesial event, Konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility, Crisis PR, Riset PR, Konsep dan aplikasi IMC (Integrated marketing Communication), Perencanaan Iklan, Brand Equity, image dan personality, perilaku konsumen, proses dan model dalam komunikasi pemasaran, Strategi kreatif iklan, strategi media, positioning, Etika dan regulasi iklan, Biro iklan, profesi iklan.

5. Desain Grafis

Isi : Pemahaman konsep Grafis, Aplikasi Desain Grafis dalam media massa, karakteristik desain yang efektif, anatomi halaman publikasi, Elemen desain grafis, prinsip desain grafis, proses produksi desain grafis, Software desain grafis, macam produk desain grafis, Software raster dan vector, photoshop, teks, Path, Warna, Pencitraan, Karya desain grafis, tipografi, Desain iklan, media grafis.,

2 komentar: